Monitoring dan Evaluasi Perizinan dan non Perizinan

Kebutuhan Data tentang Investasi dan Perijinan menjadi isu yang tidak bisa ditinggalkan lagi. Untuk mencukupi atau memenuhi kondisi tersebut, maka perlu ada kegiatan Monitoring Evaluasi dan Pelaporan terhadap apa saja yang telah dilaksanakan atau diprogramkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Probolinggo sesuai yang tercantum pada ketentuan Pasal 11 ayat ( 2 )  Bagian Keempat Bab II Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 98 Tahun 2016 Tentang kedudukan, susunan organisasi, uraian tugas dan fungsi Serta tata kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Probolinggo.

Berdasarkan hal tersebut Bidang Data, Informasi, Monitoring dan evaluasi melakukan kegiatan Monitoring pelaku usaha guna meningkatkan kwalitas pelayanan perijinan. Dalam kegiatan Monitoring tersebut dilakukan pendataan pelaku usaha pada masing-masing Kelurahan di Kota Probolinggo yang selanjutnya data dimaksud sebagai bahan evaluasi. Perolehan data pada kegiatan monitoring digunakan sebagai tolak ukur / pedoman pelaksanaan investasi yang sudah berjalan, yang mana dapat direncanakan / diprogramkan lebih baik lagi, dengan tujuan untuk mendapatkan data yang valid tentang berapa jumlah usaha yang sudah memiliki izin atau belum memiliki izin dan yang perlu diperpanjang izin usahanya.

Pada pelaksanaan monitoring pelaku usaha, petugas DPMPTSP Kota Probolinggo dibekali dengan surat tugas meliputi wilayah kelurahan yang akan dimonitoring, berikut pengarahan dalam monitoring pelaku usaha, yang menjadi perhatian petugas adalah Kesesuaian ijin dengan bidang usaha, Keberadaan (foto copy) surat ijin yang dimiliki harus ada di tempat usaha, Penempatan surat ijin dengan pigura (tempat mudah dijangkau), Data ijin, Perpanjangan ijin, Ijin kedaluarsa, Ijin (cabang), Penempatan barang/hasil/bahan, Pengembangan usaha, Perluasan area usaha, Peningkatan usaha, Beda lokasi (ijin berbeda), Ijin usaha berdasarkan lokasi usaha.

Sasaran monitoring pada usaha mikro dan kecil dengan tujuan agar mempunyai kesadaran akan pentingnya memiliki izin usaha, Mengetahui tingkat kepuasan para pelaku usaha dan siapa yang melakukan izin atau telah melakukan izin usaha tetapi belum melakukan perpanjangan izin usaha.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan monitoring DPMPTSP Kota Probolinggo bidang data, monitoring, evaluasi dan pelaporan pada seksi monitoring, evaluasi dan pelaporan menyelenggarakan evaluasi hasil kegiatan monitoring dengan mengundang para pelaku usaha yang telah dimonitoring guna mendapatkan pengarahan dan pemahaman tentang perizinan.

Kegiatan Evaluasi dihadiri oleh instansi terkait dengan penerbitan izin seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian, Satuan Polisi Pamong Praja, masing-masing memberikan arahan dan penjelasan terkait dengan perizinan sesuai dengan bidang usaha yang ditekuni oleh peserta evaluasi.

Dengan adanya kegiatan monitoring dan evaluasi ini DPMPTSP Kota Probolinggo dapat meningkatkan wawasan masyarakat tentang perijinan sehingga tergerak untuk mempunyai izin sesuai dengan bidang usahanya, meningkatkan indeks kepuasan masyarakat melalui pelayanan perijinan sehingga bisa memacu nilai investasi pada Kota Probolinggo.