Sosialisasi Penanganan Pengaduan

Dalam rangka memberikan pembelajaran dan pemahaman tentang sistem, prosedur dan mekanisme pelayanan pengaduan masyarakat kepada segenap petugas pelayanan publik khususnya bagi perangkat Kecamatan, Kelurahan hingga Ketua Rukun Warga (RW) agar dapat mendukung terlaksananya pelayanan pengaduan masyarakat yang baik maka DPM&PTSP Kota Probolinggo melalui Bidang Pengawasan dan Advokasi mengadakan Sosialisasi Sistem dan Mekanisme Pelayanan Pengaduan Masyarakat di Aula Kantor DPMPTSP Kota Probolinggo tanggal 1 maret 2018.
Dalam sambutan tertulis Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Probolinggo yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pengawasan dan advokasi, disampaikan bahwa Pelayanan Pengaduan Masyarakat adalah suatu proses untuk menampung, mencatat, menelaah, menyalurkan, mengkonfirmasi, mengklarifikasi, memberikan alternatif solusi kepada pengadu,mendokumentasi dan mensosialisasikan hasil pengelolaan pengaduan kepada masyarakat. Pengaduan dapat berasal dari individu, kelompok masyarakat, lembaga, institusi pemerintah, kelompok peduli dan pihak lain yang berkepentingan. Masyarakat dapat mengadukan keluhannya berkaitan dengan layanan Perizinan dan Nonperizinan melalui berbagai sarana yang ada, seperti telepon, surat, email maupun datang langsung dan menyampaikan secara lisan serta melalui aplikasi LAPOR! SP4N.
Tujuan umum penanganan pengaduan adalah menyediakan sistem, prosedur dan mekanisme yang memungkinkan segala keluhan ataupun protes dari semua pihak dapat terkelola denganĀ  baik sehingga tidak menimbulkan gejolak dan mengganggu kelancaran jalannya kegiatan suatu institusi Pemerintah Daerah.Untuk mendukung terlaksananya pelayanan pengaduan masyarakat yang baik, maka diperlukan adanya upaya pemahaman kepada masyarakat tentang Sistem, Prosedur dan Mekanisme pelayanan pengaduan masyarakat dengan melalui sosialisasi, fasilitasi dan mediasi.Selaku Narasumber adalah Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan pada DPM&PTSP Kota Probolinggo dengan materi Mekanisme Pengaduan Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 138 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah dan Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo dengan materi Manajemen Pengelolaan Pengaduan.