Pertumbuhan Investasi Kota Probolinggo Duduki Peringkat Ketiga se-Jatim

Pemerintah Kota Probolinggo meraih Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai Pemerintah Daerah dengan Kinerja Pertumbuhan Realisasi Investasi Terbaik di Jawa Timur Tahun 2023

Piagam Penghargaan

SURABAYA – Pertumbuhan investasi di Kota Probolinggo meningkat signifikan. Realisasi pertumbuhan investasi tahun 2022 ke tahun 2023 pada triwulan I sampai III mencapai 272,53 persen. Alhasil, dari realisasi ini Kota Probolinggo menduduki peringkat ketiga dari kota/kabupaten di Jawa Timur setelah Kota Pasuruan dan Kabupaten Tulungagung.

 

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada Kota Probolinggo sebagai Pemerintah Daerah dengan Kinerja Pertumbuhan Realisasi Investasi Terbaik di Jawa Timur Tahun 2023. Penghargaan tersebut diserahkan Kepala DPMPTSP Provinsi Jawa Timur Diah Wahyu Ermawati kepada Kepala DPMPTSP Kota Probolinggo M Abas di Surabaya, Selasa (12/12).

 

Berdasarkan data DPMPTSP Provinsi Jawa Timur, dalam satu tahun, realisasi pertumbuhan investasi di Kota Mangga meningkat dari Rp. 116.884.780.000,- menjadi Rp. 435.428.300.000,- Nilai tersebut berasal dari tingkat kepatuhan pengusaha di Kota Probolinggo dalam menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) di perusahaannya.

 

Untuk meningkatkan pertumbuhan investasi tersebut, DPMPTSP Kota Probolinggo melakukan upaya dengan aktif memberikan pembinaan, mengimbau dan mendorong perusahaan untuk melaksanakan kewajibannya. “Kami lakukan fasilitasi kepada perusahaan terkait kendala dan permasalahan yang dihadapi. Sehingga perusahaan mendapat kemudahan perizinan dan LKPM adalah kewajiban pengusaha,” ujar Kepala DPMPTSP M Abas.