DPMPTSP Kota Probolinggo Jelaskan Pentingnya Sertifikasi bagi Pelaku Usaha Makanan Segar

DPMPTSP bersama DKP3 Kota Probolinggo memberikan Sosialisasi tentang Sertifikasi dan Registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan, Produksi dalam Negeri Usaha Kecil (Registrasi PSAT-PDUK).

Kegiatan Sosialisasi Sertifikasi dan Registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan, Produksi dalam Negeri Usaha Kecil

PROBOLINGGO - Mendukung perkembangan pelaku usaha makanan segar di Kota Probolinggo, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) setempat memberikan Sosialisasi tentang Sertifikasi dan Registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan, Produksi dalam Negeri Usaha Kecil (Registrasi PSAT-PDUK). Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang pertemuan DKP3 Kota Probolinggo, Kamis (13/6).

Penata Perizinan Ahli Madya Sri Lestari menjelaskan bahwa PSAT PDUK merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelaku usaha khususnya di bidang pertanian dan perikanan. "Jadi semua pelaku usaha harus melakukan pendaftaran baik nanti atas nama UD atau PT. Biasanya paling banyak UD karena perusahaan perorangan, sedangkan PT yang mempunyai Badan Hukum atau CV yang Badan Usaha,” terangnya.


Berdasarkan UU Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan, pangan yang belum mengalami pengolahan yang dapat dikonsumsi langsung langsung dan/atau yang dapat menjadi bahan baku pengolahan pangan.

Pangan segar termasuk dengan pangan yang sudah mengalami perlakuan minimal yaitu pencucian, pengupasan, pengeringan, penggilingan, pemotongan, penggaraman dan pembekuan. Dan yang terpenting adalah perlakuan minimal diperlukan penerapan sanitasi higienis di rantai proses dengan cara yang baik.

                Adapun tentang alur proses perizinan berusaha melalui OSS, yaitu melalui 1. Registrasi Pangan segar Asal Tumbuhan Produksi Dalam Negeri Usaha Kecil (PSAT PDUK); 2. Menerapkan standar penanganan yang baik PSAT; 3. Memenuhi standar keamanan dan mutu PSAT sesuai perundang-undangan dan 4. Memenuhi ketentuan desain kemasan dan label sesuai perundangan-undangan.

Registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) yang dimaksud secara spesifik dimaksudkan sebagai bentuk jaminan dan mutu keamanan pangan, legalitas penjualan produk pertanian dan potensi penjualan produk secara nasional. Dengan demikian, diharapkan produk PSAT yang dihasilkan oleh pelaku usaha dapat meningkatkan harga jual produk yang dapat berimbas pada kenaikan kesejahteraan pelaku usaha / petani.


Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha agar dapat mendaftarkan produk PSAT PDUK antara lain harus sesuai dengan skala usahanya atau Kode Klasifikasi Baku Lapangan usaha Indonesia (KBLI).

Kemudian alur permohonan PSAT PDUK yaitu yang pertama mengajukan surat permohonan registrasi PSAT PDUK; Surat keterangan informasi produk; Surat penyataan tentang komitmen. Di samping itu, pelaku usaha juga melampirkan NIB dan fotokopi KTP. Persyaratan dapat diajukan ke DKP3 Kota Probolinggo.

Maka dari itu penting sekali fungsi pengawasan keamanan pangan, karena dengan adanya pengawasan pangan yang aman berimplikasi pada terciptanya kondisi anak-anak bangsa yang lebih sehat, usia hidup yang lebih panjang, biaya kesehatan lebih murah dan terbangunnya kepercayaan bisnis.

“Jadi silahkan kalau bapak / ibu ada yang kesulitan kami siap membantu, karena kami juga memahami karena bapak/ ibu sekalian bidangnya pertanian, sehingga sulit memahami baik dari sistem OSS-nya, cara menguploadnya kadang mau nekan HP aja bingung. Karena bisa jadi bapak/ ibu lupa email lupa pasword itu merupakan hal yang sangat umum. Jadi kami nanti akan siap membantu bapak/ ibu sekalian bisa langsung datang ke MPP atau dikoordinir lewat DKP3,” terang Sri Lestari. (kiki)

#dpmptsp
SHARE :
LINK TERKAIT