DPMPTSP Kota Probolinggo Gelar Rapat Evaluasi MPP Triwulan III, Fokus Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Probolinggo menggelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Probolinggo periode Triwulan III. Rapat evaluasi ini menjadi ajang refleksi atas capaian pelayanan publik selama periode Juli hingga September 2025, sekaligus wadah untuk memperkuat koordinasi antar instansi penyelenggara layanan di MPP.

DPMPTSP Kota Probolinggo Gelar Rapat Evaluasi MPP Triwulan III, Fokus Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

 

PROBOLINGGO – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Probolinggo menggelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Probolinggo periode Triwulan III, Rabu (12/11), bertempat di ruang pertemuan DPMPTSP. Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris DPMPTSP, Imam Cahyadi, dan dipandu oleh Penata Perizinan Ahli Muda, Gemini Juniwaty.

Rapat evaluasi ini menjadi ajang refleksi atas capaian pelayanan publik selama periode Juli hingga September 2025, sekaligus wadah untuk memperkuat koordinasi antar instansi penyelenggara layanan di MPP. Imam Cahyadi dalam sambutannya menekankan pentingnya sinergi dan komitmen bersama agar pelayanan publik di Kota Probolinggo terus berkembang menjadi lebih cepat, mudah, dan transparan.


“Evaluasi ini bukan sekadar menilai angka dan data, tetapi menjadi dasar perbaikan berkelanjutan agar masyarakat merasa nyaman datang ke MPP,  merasakan manfaat dari layanan yang ada di MPP,” ujar Imam.

Berdasarkan hasil evaluasi, hingga Triwulan III tahun 2025 terdapat 22 instansi bergabung dengan total 147 jenis layanan aktif. Jumlah kunjungan masyarakat ke MPP tercatat mencapai 1.660 orang selama periode Juli hingga September. Adapun instansi dengan jumlah pelayanan tertinggi di antaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (1.065 layanan), Polres Kota Probolinggo (337 layanan), dan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (258 layanan).

Meski capaian layanan cukup baik, beberapa tantangan masih dihadapi, antara lain penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) terpadu yang belum maksimal, keterlibatan instansi vertikal yang perlu diperkuat, serta perbaikan sarana prasarana seperti kamar mandi dan jaringan wifi untuk pemohon.

Dalam rencana tindak lanjut, DPMPTSP bersama seluruh instansi di MPP berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan di MPP, melakukan monitoring kinerja layanan secara real-time, optimalisasi sistem antrean online, serta pelatihan lanjutan bagi petugas front office serta meningkatkan publikasi layanan kepada masyarakat dengan melibatkan kecamatan, kelurahan dan RT/RW  di wilayah Kota Probolinggo.

Rapat evaluasi ini dihadiri oleh sejumlah perangkat daerah dan instansi vertikal yang tergabung di Mal Pelayanan Publik dengan adanya kegiatan ini harapannya agar hasil pembahasan dapat menjadi pijakan strategis dalam peningkatan mutu pelayanan publik, sejalan dengan visi Kota Probolinggo sebagai kota yang ramah investasi dan pelayanan.

LINK TERKAIT