Kota Probolinggo Luncurkan Aplikasi GO POINT dan Layanan MPP Drive Thru Bertepatan dengan 100 Hari Kerja Wali Kota

Pemerintah Kota Probolinggo secara resmi meluncurkan dua inovasi pelayanan publik yaitu Aplikasi GO POINT dan Layanan MPP Drive Thru di MPP

Penandatanganan kerja sama

Probolinggo, Rabu(4/5) — Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) secara resmi meluncurkan dua inovasi pelayanan publik yaitu Aplikasi GO POINT (Probolinggo Potential Opportunity and Investment) dan Layanan MPP Drive Thru di Mal Pelayanan Publik (MPP). Peluncuran ini bertepatan dengan momentum 100 hari kerja Wali Kota dr. Aminuddin dan Wakil Wali Kota Ina Dwi Lestari.

Aplikasi GO POINT merupakan inovasi berbasis digital untuk memudahkan akses informasi potensi dan peluang investasi di Kota Probolinggo. Sedangkan layanan MPP Drive Thru dirancang untuk memberikan kemudahan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) serta pengambilan dokumen kependudukan seperti KTP dan KK, langsung dari kendaraan tanpa harus turun.


Selain dua inovasi tersebut, turut dilakukan penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Kota Probolinggo dan Pengadilan Negeri Probolinggo mengenai integrasi layanan peradilan di MPP. Penandatanganan ini dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Mellina Nawang Wulan dan Wali Kota dr. Aminuddin. Layanan ini memungkinkan masyarakat mengurus surat keterangan yang berkaitan dengan proses hukum langsung di MPP tanpa perlu antre di kantor pengadilan.

“Dengan kerja sama ini, kita memperkuat sinergi lintas sektor untuk memberikan kemudahan layanan publik. MPP menjadi pusat layanan terintegrasi dengan partisipasi berbagai instansi vertikal seperti Polres, Kejaksaan Negeri, dan kini Pengadilan Negeri,” ujar dr. Aminuddin dalam sambutannya.

Dalam acara ini, turut diperkenalkan juga Klinik UMKM yang berada di dalam MPP sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku usaha kecil. Klinik ini menyediakan layanan penerbitan identitas usaha, program UMKM Amanah, hingga fasilitasi sertifikasi halal untuk menunjang daya saing ekonomi kerakyatan.


Sekretaris DPMPTSP, Purwantoro Noviyanto, menyampaikan bahwa inovasi ini bertujuan meningkatkan pelayanan yang cepat, mudah, transparan, dan akuntabel. GO POINT dikembangkan berbasis web GIS untuk mendukung promosi dan percepatan investasi. Sementara itu, layanan drive thru menjadi bentuk pelayanan ramah masyarakat dalam era modern.

“Kami terus berkomitmen memperkuat kolaborasi lintas sektor dan memastikan seluruh layanan publik di MPP dapat berjalan prima, profesional, dan berintegritas,” tutup Purwantoro.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai perangkat daerah, instansi vertikal, serta perwakilan perusahaan yang berkomitmen untuk memajukan Kota Probolinggo sebagai kota layanan publik unggul dan ramah investasi.

#mpp
SHARE :
LINK TERKAIT