Ombudsman RI Perwakilan Jatim Lakukan Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Publik di DPMPTSP Kota Probolinggo

Kunjungan Tim survei, evaluator atau penilai dari Ombusman RI Perwakilan Jawa Timur ke DPMPTSP Kota Probolinggo untuk memastikan pelayanan perizinan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Probolinggo terlaksana dengan baik, efektif dan efisien.

Survei pelaksanaan pelayanan DPMPTSP oleh Tim Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur

PROBOLINGGO–Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Probolinggo dapat tamu istimewa. Yakni Ombudsman RI perwakilan Jawa Timur, Senin (5/8).

Kunjungan ini untuk memastikan pelayanan perizinan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Probolinggo terlaksana dengan baik, efektif dan efisien.

Sebelum memulai survei, evaluator atau penilai Ombudsman yang terdiri dari Muflihul didampingi Mertha Merlinda dan Wahyu diterima oleh Kepala DPMPTSP Muhammad Abas. Ia didampingi Sekretaris Purwantoro Novianto beserta jajaran, Kabag Organisasi Prijo Djatmiko beserta jajaran, di Aula DPMPTSP.


Tim juga mengecek secara langsung ketersediaan sarana prasarana MPP berikut kondisi dan pemanfaatannya sesuai standar kelayakan. Serta bertatap muka dengan pengguna layanan DPMPTSP di MPP.

Berdasarkan rekapitulasi hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik DPMPTSP periode penilaian Juni – Oktober 2023, nilai DPMPTSP 81,43. Sedangkan nilai akhir untuk Pemkot Probolinggo 82,77 masuk dalam zona hijau. Dengan kategori B, opini kualitas tinggi.

 “Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Probolinggo terus berbenah dari sisi pelayanan dan sarana prasarananya. Tahun ini kami mendapat anggaran untuk menyempurnakan sarana prasarana. Mudah-mudahan tahun ini semuanya sesuai dengan yang menjadi poin penilaian. Dan, nilainya lebih meningkat,” kata kepala DPMPTSP Kota Probolinggo Muhammad Abas.

Ya, selama di MPP khususnya pelayanan DPMPTSP, tim penilai melihat secara keseluruhan sarana dan prasarana. Mulai dari akses masuk, akses untuk difable, front office, tempat bermain hingga petugas pelayanan.


Sementara itu, Kabag Organisasi Pemkot Probolinggo Prijo Djatmiko mengucapkan selamat datang untuk tim Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur yang melakukan evaluasi kaitan pelayanan publik di Kota Probolinggo.

“Kami mengharapkan ada masukan dari tim penilai Ombudsman RI untuk menjadi evaluasi kami agar pelayanan publik di Kota Probolinggo lebih baik lagi,” tuturnya.

Diketahui, penilai Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur juga mendatangi sejumlah lokasi pengambilan data di Kota Probolinggo.

Yaitu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil; Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Di hari berbeda, tim ke Dinas Sosial PPPA; Kantor ATR/BPN Kota Probolinggo; Puskesmas Ketapang; Puskesmas Wonoasih dan Polres Probolinggo Kota. (fa)

LINK TERKAIT